Search This Blog

Monday, February 13, 2017

KAJIAN INTERTEKSTUAL NOVEL AYAT-AYAT CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN NOVEL KASIDAH-KASIDAH CINTA KARYA MUHAMMAD MUHYIDIN



NOVEL  AYAT-AYAT CINTA
KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN NOVEL KASIDAH-KASIDAH CINTA KARYA MUHAMMAD MUHYIDIN
(Kajian Intertekstual dan Nilai Pendidikan )

AISYAH MADHAN SADAD
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak
Jl. Ampera No.88 Pontianak
aisyahmadhan96@gmail.com

Abstract :
The purpose of this research is to know the relation of intertextuality and education value study in the novel Ayat- ayat Cinta by Habiburrahman El Shirazy and Kasidah - kasidah Cinta by Muhammad Muhyidin. This research is descriptive- qualitative research with content analysis method. The data sources are the  documents; Ayat - ayat Cinta and Kasidah-Kvalidity uses triangulation data. The data analysis technique uses the flow analysis model, they are : 1) data reduction, 2) data presentation, and 3) conclusion. The result of this research can be concluded that: (1) there is an inter intrinsic element relationship in Ayat- ayat Cinta and Kasidah - kasidah Cinta they are the similarities  of theme, plot, and message and the differences of characterization, point of view,  setting of place and time. (2) Kasidah - Kasidah Cinta is the transformational text of  Ayat - ayat Cinta. (3) the both of the novels have a positiveness and negativeness. (4)  The education value reflected in the novels are; religious, moral , cultural social ,  and esthetics.

Keywords :  intertextuality, education value, Ayat - Ayat  Cinta, Kasidah- Kasidah Cinta.

Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan intertekstual dan nilai pendidikan dalam novel Ayat - ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy dan  Kasidah - kasidah cinta karya Muhammad Muhyidin. Penelitian ini berbentuk  deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi. Sumber data menggunakan  dokumen, yaitu kedua novel dan wawancara. Uji validitas men ggunakan triangulasi  data. Teknik analisis menggunakan model analisis mengalir, yaitu 1) reduksi data; 2)  penyajian data; dan 3) simpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) ada  keterjalinan antarunsur intrinsik novel  Ayat - ayat Cinta dan  Kasidah - kasidah Cinta , yaitu persamaan yang meliputi tema, alur, dan amanat serta perbedaan, yaitu  penokohan, sudut pandang, latar tempat, sosial, dan waktu. (2) novel  Kasidah - kasidah Cinta merupakan teks transformasi dari  Ayat – ayat Cinta  (3) kedua novel  memiliki kele bihan dan kekurangan. (4) nilai pendidikan dalam novel  Ayat - ayat  Cinta dan  Kasidah - kasidah Cinta meliputi religi, moral, sosial budaya, dan estetik.


Kata kunci : intertekstual, nilai pendidikan, Ayat - Ayat  Cinta, Kasidah - Kasidah  Cinta.









A.  PENDAHULUAN

Novel merupakan usaha untuk meniru dunia kemungkinan atau peniruan  dunia kemungkinan. Artinya, apa yang diuraikan di dalamnya bukanlah dunia sesungguhnya, tetapi kemungkinan- kemungkinan yang secara imajinatif dapat diperkirakan bisa diwujudkannya. Dunia pe ngalaman pengarang merupakan inspirasi dalam proses kreatif penciptaan novel.  Berkaitan dengan novel,  Nurgiyantoro  (2005 : 4)  berpendapat bahwa novel merupakan sebuah karya fiksi yang menawarkan sebuah dunia yang berisi model kehidupan yang diidealkan, di  dalamnya terdapat dunia imajiner yang dibangun melalui berbagai unsurnya. Semua unsur tersebut sengaja dikreasikan oleh pengarang dengan dibuat mirip,  diimitasikan dengan dunia nyata lengkap dengan peristiwa-
peristiwa dan latarnya.
Menurut Teeuw (dalam Pradopo, 2003: 167) karya sastra tidak lahir dalam  situasi kosong kebudayaannya, termasuk di dalamnya situasi sastranya. Dalam hal ini,  karya sastra diciptakan berdasarkan konvensi sastra yang ada, yaitu meneruskan konvensi sastra yang ada, di samping juga sebagai sifat hakiki sastra, yaitu sifat kreatif sastra, karya sastra yang timbul kemudian itu dicipta menyimpangi ciri-ciri dan konsep estetik sastrayang ada. Selalu ada ketegangan antara konvensi dan pembaharuan. Sebuah karya sastra, baik puisi maupun prosa, mempunyai hubungan sejarah antara karya sezaman, yang mendahuluinya atau yang kemudian. Hubungan sejarah ini baik berupa persamaan maupun  pertentangan. Dengan demikian, sebaiknya membicarakan karya sastra itu dalam  hubungannya dengan karya sezaman, sebelum, atau sesudahnya.
Novel Ayat-Ayat Cinta merupakan novel karya Habiburrahman El Shirazy  yang terbit pada tahun 2004 dan bisa dikatakan sangat popular.  Hingga bulan Maret tahun 2008,  novel ini telah mencapai cetakan ketiga puluh satu dan  termasuk dalam best seller . Novel Ayat Ayat Cinta ini bertemakan cinta dan perjuangan dalam melawan ketidakadilan. Novel ini bukan hanya novel sastra dan novel cinta, melainkan juga novel budaya, religi, fikih, etika, dan novel dakwah. Ada banyak nilai pendidikan yang terkandung dalam novel tersebut.
Setelah kemunculan novel Ayat-Ayat Cinta yang fenomenal ini, kontan saja dunia sastra banyak diramaikan dengan kemunculan novel-novel sejenis, yakni novel-novel religi yang bertemakan cinta. Salah satu pengarang yang juga terinspirasi dari novel. Ayat-Ayat Cinta
adalah Muhammad Muhyidin. Salah satu karya Muhyidin yang menarik adalah novel yang berjudul Kasidah-Kasidah Cinta.
Novel Kasidah-Kasidah Cinta terbit pertama kali pada tahun 2007 dan dalam waktu enam bulan, novel ini sudah mencapai cetakan ketiga belas. Novel Kasidah-Kasidah Cinta juga memliki gelar national best selleroleh DIVA Press. Novel ini mempunyai tema yang sama dengan novel Ayat-Ayat Cinta, yakni  masalah cinta dan perjuangan dalam melawan ketidakadilan. Kemiripan antara kedua novel tidak hanya ditemui pada novel Ayat-Ayat Cinta dan Kasidah-Kasidah Cinta saja, tetapi juga dalam berbagai genre yang mempunyai kemiripan.  Hal ini bukan berarti bahwa karya yang lahir kemudian adalah merupakan hasil
penjiplakan dari karya sebelumnya.
Kajian intertekstual, menurut Nurgiyantoro (2005: 35) merupakan kajian  yang berusaha mengkaji adanya hubungan antar sejumlah teks. Kajian interteks melibatkan unsur struktur dan pemaknaan teks-teks yang dikaji, kiranya dapat dipandang sebagai kajian struktural semiotik. Selain itu, penulisan penelitian interteks termasuk paham dekonstruksi yang juga dengan teori poststrukturalisme, Namun demikian, kajian dekonstruksi dapat dikaitkan dengan kajian intertekstual karena dapat melibatkan beberapa teks.
Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti tertarik untuk menganalisis novel Ayat-
Ayat Cinta dan Kasidah-Kasidah Cinta dengan pendekatan intertekstual dan nilai pendidikan yang ada di dalam kedua novel tersebut. Alasan  menggunakan pendekatan intertekstual, karena setelah membaca novel tersebut peneliti menemukan indikasi bahwa novel Kasidah- Kasidah Cinta adalah novel transformasi dari novel Ayat-Ayat Cinta. Selain itu, peneliti juga mengkaji nilai pendidikan yang ada padakedua novel tersebut karena peneliti menganggap bahwa novel tersebutbanyak mengandung nilai pendidikan.
Sastra menurut Gazali (dalam Pradopo, 1997: 32) adalah tulisan atau bahasa yang indah, yakni hasil ciptaan bahasa yang indah dan perwujudan getaran jiwa dalam bentuk tulisan. Yang dimaksud indah adalah sesuatu yang menimbulkan orang yang melihat dan mendengarkan dapat tergetar jiwanya sehingga melahiran keharuan, kemesraan, kebencian, kecemasan, dendam dan seterusnya.
Menurut Karkono (2009:169) karya sastra menggunakan kata-kata sebagai medianya sehingga melahirkan imaji linguistik. Sependapat dengan Karkono, Winarni (2009:2) mengatakan bahwa sastra merupakan tulisan yang bernilai estetik, bukan berarti bahwa pandangan tersebut dapat menjabarkan pengertian.
1.      Rumusan Masalah
a)      Unsur intrinsik novel Ayat-ayat Cinta dan Kasidah-kasidah cinta
b)      Persamaan dan perbedaan yang terkandung dalam novel Ayat-ayat Cinta dan Kasidah-kasidah cinta.
c)      Nilai-nilai pendidikan yang terkndung dalam novel Ayat-ayat Cinta dan Kasidah-kasidah cinta.
2.      Tujuan
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan intertekstual dan nilai pendidikan dalam novel Ayat - ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy dan  Kasidah - kasidah cinta karya Muhammad Muhyidin.
3.      Kajian Teori
Menurut Jakob Sumardjo Drs, Novel adalah bentuk karya sastra yang paling populer didunia. Bentuk sastra ini paling banyak dicetak dan paling banyak beredar, lantaran daya komunitasnya yang luas pada masyarakat. Jadi dapat dijabarkan bahwa Novel adalah karangan prosa yang lebih panjang dari cerita pendek dan  menceritakan kehidupan seseorang dengan lebih mendalam dengan menggunakan bahasa sehari-hari serta banyak membahas aspek kehidupan manusia. Novel juga diartikan sebagai suatu karangan atau karya sastra yang lebih pendek daripada roman, tetapi jauh lebih panjang daripada cerita pendek, yang isinya hanya mengungkapkan suatu kejadian yang penting, menarik dari kehidupan seseorang (dari suatu episode kehidupan seseorang) secara singkat dan yang pokok-pokok saja.

Ciri-Ciri Novel :

1.         Jumlah katanya lebih dari 35.000 kata.
2.         Terdiri dari setidaknya 100 halaman.
3.         Waktu untuk membaca novel setidaknya 2 jam atau 120 menit.
4.         Ceritanya lebih dari satu impresi, efek, dan emosi.
5.         Alur ceritanya cukup kompleks.
6.         Seleksi ceritanya luas.
7.         Ceritanya panjang, tapi banyak kalimat yang diulang-ulang.
8.         Ditulis dengan narasi kemudian didukung dengan deskripsi untuk menggambarkan suasanya yang ada didalamnya.
Jenis-jenis Novel :
1.      Jenis-jenis novel yang berdasarkan kejadian nyata dan tidak nyata
-          Novel fiksi adalah novel yang tidak nyata atau tidak ada kejadian didunia. Novel ini hanya fiktif (karangan) dari pengarang. Contohnya Harry Potter
-          Novel non-fiksi adalah novel dari kejadian yang pernah ada atau ilmiah. Contohnya Laskar Pelangi.
2.      Jenis-jenis novel berdasarkan genre cerita
-          Novel romantis. Cerita yang digambarkan dalam novel ini berupa kasih sayang dan cinta. Contohnya Novel Ayat-ayat Cinta.
-          Novel horor/menyeramkan. Novel ini berisi tentang cerita yang menakutkan. Contohnya The Conjuring.
-          Novel misteri. Novel ini berisi tentang misteri. Contonya Novel Agatha Christie.
-          Novel komedi. Novel ini berisi tentang cerita komedi yang membuat orang ketawa. Contohnya Kambing Jantan.
-          Novel Inspiratif. Berisi tentang cerita kisaj inspiratif. Contonya Negeri 5 Menara.
3.      Jenis-jenis novel berdasarkan isi dan tokoh
-          Novel teenlit. Novel ini berisi tentang cerita remaja. Contonya novel Dealova.
-          Novel chicklit. Novel ini berisi tentang cerita perempuan muda dan permasalahan yang dihadapainya. Contohnya Miss Jutek.
-          Novel songlit. Novel ini dibuat berdasarkan cerita dari sebuah lagu. Contohnya pupus
-          Novel dewasa. Novel ini berisi tentang cerita orang dewasa. Contohnya Saman dan Larung.  

Unsur-Unsur Novel :

1.      Unsur Inrinsik
Unsur intrinsik adalah unsur pembangunan sastra dalam atau yang ada dalam sastra itu sendiri.
Unsur intrinsik novel meliputi :
-          Tema
Ide pokok yang menjiwai seluruh cerita. Tema dapat berupa sosial, keluarga,remaja, percintaan religius.
-          Tokoh
Tokoh juga disebut orang yang ada dalam novel tersebut.
-          Penokohan
-          Penokohan juga disebut karakter. Setiap tokoh mempunyai karakter yang berbeda-beda. Ada 2 karakter yaitu protagonis dan antagonis.
-          Latar
Latar meliputi 3 tempat, yaitu latar tempat, latar waktu, dan latar suasana.
-          Alur
Urutan peristiwa. Ada 2 alur yaitu alur maju dan alur mundur.
-          Amanat
Pesan yang disampaikan secara tersirat.
-          Sudut pandang
Cara memposisikan diri pengarang terhadap hasil karyanya. Ada 2 macam sudut pandang yaitu sudut pandang orang pertama (akuan) dan sudut pandang ketiga (diaan).

2.      Unsur ekstrinsik
Unsur-unsur ekstrinsik novel adalah unsur dari luar novel tersebut. Unsur ekstrinsik novel meliputi :
-          Sejarah biografi pengarang biasanya sejarah/biografi pengarang berpengaruh pada jalan cerita di novel.
-          Situasi dan kondisi secara langsung maupun tidak langsung, situasi dan kondisi akan berpengaruh kepada hasil karyanya.
-          Nilai-nilai dalam cerita dalam sebuah karya sastra terkandung nilai-nilai yang disisipkan oleh pengarang. Nilai-nilai itu antara lain : nilai moral, nilai sosial, nilai budaya dan nilai estetika.

B.  METODE PENELITIAN
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis isi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui membaca novel Ayat-Ayat Cinta karya El Shirazy dan Kasidah-Kasidah Cinta karya Muhyidin dan wawancara dengan berbagai narasumber, yaitu pengarang, guru Bahasa dan Sastra Indonesia, dan pembaca. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dokumen dan wawancara.Validitas data dalam penelitian ini dilakukan melalui triangulasi data untuk mengumpulkan data yang sama. Artinya,data yang sama atau sejenis akan lebih terbukti kebenarannya bila digali dari beberapa sumber data yang berbeda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis mengalir, yang terdiri atastiga komponen yang terjalin dengan baik, yaitu sebelum, selama, dan sesudah pelaksa naan pengumpulan data secara paralel menurut Miles dan Huberman (dalam Soetopo, 2002:120). Komponen dalam model analisis mengalir yaitu: 1) reduksi data; 2) penyajian data; dan 3) penarikan simpulan.

C.  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Unsur Intrinsik Pada novel Ayat-Ayat Cinta, tema yang diangkat adalah cinta dan Perjuangan; alur yang digunakan adalah alur progresif atau alur maju; Novel Ayat-Ayat Cinta menampilkan beberapa tokoh, di antaranya: Fahri, Aisha, Maria,Nurul, Noura, SyaikhAhmad Taqiyyuddin, Syaikh Utsman Abdul Fattah, Bahadur Gounzouri, Tuan Boturos Rafael Girgis, Madam Nahed, Yousef, Rudi, Hamdi, Syaiful, Mishbah, Eqbal Hakan Erbakan, Sarah, Prof. Dr. Abdul Rauf Ridha Sahata, Hosam, Maghdi, Elena Hashim, Polisi, Tuan Adel, Madame Yasmin, Suzana, dan Mona. Penokohan tersebut digambarkan berdasarkan sifat tokoh dalam novel tersebut digambarkan secara fisiologis, psikologis, dan sosiologis. Latar waktu dalam novel ini antara tahun 2002 sampai dengan tahun 2003, latar tempat yang digunakan pengarang adalah Mesir dan menggunakan latar sosial budaya Timur. Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini adalah sudut pandang orang pertama atau teknik akuan. Amanat yang ingin disampaikan pengarang melalui novel ini, antara lain: kita harus berpegang teguh terhadap ajaran agama, seorang laki-laki harus menghormati, menjaga dan menghargai perempuan, sebagai mahluk sosial kita harus saling bertoleransi dan menjaga  silaturahmi sertakerukunan, serta selama kita berjuang dalam kejujuran dan kebenaran, maka yakinlah bahwa sebesar apapun sebuah fitnah tidak akan dapat mengalahkannya.
Novel Kasidah-Kasidah Cinta juga bertema cinta dan perjuangan; alur yang digunakan adalah alur progresifatau alur maju. Novel Kasidah-Kasidah Cinta menampilkan beberapa tokoh, di antaranya: Nugroho,Sriwiji, Parno, Ki Patmo, Nyi Sumirah, Ki Singo, Nyi Prapti, Syeikh Makarim, Ki Maruto, Kayat, Evi, Wulan, dan Retno. Penokohan digambarkan berdasarkan sifat tokoh dalam novel tersebut digambarkan secara fisiologis, psikologis, dan sosiologis. Latar waktu dalam novel ini adalah pada zaman dahulu; latar tempat yang digunakan pengarang adalah Pegunungan Kendeng, Boyolali; dan menggunakan latar sosial
budaya Jawa. Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini adalah sudut pandang persona ketigapengarang melalui novel ini, yaitu kita harus berpegang teguh terhadap ajaran agama, seorang laki-laki harus menghormati, menjaga dan menghargai perempuan, sebagai mahluk sosial kita harus saling bertoleransi dan menjaga silaturahmi dankerukunan, serta selama kita berjuang dalam kejujuran dan kebenaran, maka yakinlah bahwa sebesar apapun sebuah fitnah tidak akan dapat mengalahkannya.
Sebuah karya sastra, baik puisi maupun prosa, mempunyai hubungan sejarah antara karya sezaman, yang mendahuluinya atau yang kemudian. Hubungan sejarah ini baik berupa persamaan maupun pertentangan. Dengan demikian, sebaiknya membicarakan karya sastra itu dalam hubungannya dengan karya sezaman, sebelum, atau sesudahnya (Pradopo, 2003: 167). Berdasarkan pendapat di atas, untuk mencari hubungan intertekstual antara dua buah novel atau lebih harus mencari persamaan dan perbedaan terlebih dahulu. Persamaan struktur novel Ayat-Ayat Cinta dan Kasidah-Kasidah Cinta  terletak pada tema, alur, amanat. Tema utama kedua novel adalah cinta.Novel Ayat-Ayat Cinta menggambarkan kisah cinta para tokohnya, terutama tokoh utama. Begitu pula dalam novel Kasidah-Kasidah Cinta, yang juga menggambarkan kisah cinta tokoh utamanya. Sementara itu, mengenai subtema yang diangkat pun sama pula, yaitu perjuangan. Tema perjuangan yang diangkat dalam kedua novel ini adalah perjuangan untuk mendapatkan keadilan. Dilihat dari penyusunan cerita, kedua novel tersebut menggunakan alur progresif atau alur maju. Alur kedua novel tersebut dianalisis dalam tujuh bagian, yaitu exposition, inciting moment, ricingaction, complication, climax, falling action, dandenouement.
Amanat yang diperoleh dari kedua novel ini mempunyai persamaan, yaitu kita harus berpegang teguh terhadap ajaran agama. Amanat lain yang disampaikan bahwa seorang laki-laki harus menghormati, menjaga,dan menghargai perempuan. Amanat berikutnya sebagai mahluk sosial kita harus saling bertoleransi dan menjaga silaturahmi serta kerukunan. Amanat selanjutnya yang merupakan amanat dari tema perjuangan dalam melawan ketidakadilan adalah selama kita berjuang dalam kejujuran dan kebenaran, maka yakinlah bahwa sebesar apapun sebuah fitnah tidak akan dapat mengalahkannya.Perbedaan yang paling menonjol antara kedua novel tersebut terletak pada penokohan, sudut pandang, latar tempat, latar sosial, dan latar waktu. Tokoh utama dalam novel Ayat-Ayat Cinta adalah Fahri, Aisha, dan Maria.
Sementara itu,tokoh utama dalam novel Kasidah-Kasidah Cinta  adalah Nugroho dan Sriwiji. Tokoh utama yang menjadi perbandingan adalah Fahri dengan Nugroho. Secara psikologis, watak mereka bertolak belakang. Fahri merupakan seorang laki-laki yang berbudi baik dan taat beragama, sedangkan Nugroho merupakan laki-laki yang berbudi buruk dan jauh dari kegiatan keagamaan. Sudut pandang dalam keduan novel ini juga mempunyai perbedaan, dalam novel Ayat-Ayat Cinta Sementara itu, dalam novel Kasidah-Kasidah Cinta, pengarang menggunakan Novel Ayat-Ayat Cinta yang berlatar di Mesir, menghadirkan latar sosial kebudayaan Timur tengah, sedangkan dalam novel Kasidah-Kasidah Cinta yang berlatar di Boyolali, Jawa tengah menghadirkan budaya jawa. Latar waktu kedua novel ini tidak disebutkan secara langsung oleh pengarangnya, tetapi dapat dianalisis dari cerita dan kutipan-kutipan yang ada di dalamnya. Berdasarkan kutipan-kutipan yang ada, peristiwa dalam novel Ayat-Ayat Cinta berlangsung antara tahun 2002 sampai dengan tahun 2003.
Sementara itu, novel Kasidah-Kasidah Cinta diperkirakan terjadi pada zaman dahulu ketika masih terdapat peperangan antarkelompok dan belum terdapat alat komunikasi elektronik. Dari persamaan dan perbedaan kedua novel tersebut, maka dapat diketahui bahwa novel Ayat-Ayat Cinta memberikan pengaruh terhadap terciptanya novel Kasidah-Kasidah Cinta.Dengan demikian, novel Ayat-Ayat Cinta karya ElShirazy merupakan hipogram dari novel Kasidah-Kasidah Cinta karya Muhyidin.
Dengan kata lain, novel Kasidah-Kasidah Cinta merupakan teks transformasi dari novel Ayat-Ayat Cinta. kekurangan dari Novel Ayat Cinta antara lain, penulis berhasil menggambarkan latar sosial budaya Timur dengan  sangat hidup tanpa harus menggunakan bahasa Arab; bahasa yang digunakan  mengalir; karakterisasi tokoh-tokohnya kuat; gambaran latarnya begitu hidup; meskipun bertemakan cinta dan terdapat adegan asmara di dalamnya, tetapi semua Banyak hikmah  yang dapat dipetik dari novel ini, terutama mengenai interaksi dengan sesama  manusia, baik muslim maupun nonmuslim, muhrim dan bukan muhrim;  merupakan media penyaluran dakwah tentang Islam dan memberikan contoh pada  kita tentang sebuah pernikahan yang baik dan sesuai syariat Islam. Kekurangan dari novel Ayat-Ayat Cinta antara lain Noura yang frustasi karena tidak mendapatkan cinta Fahri, kemudian memfitnah Fahri dengan tuduhan yang kejam. Hal tersebut sangat fatal bila sampai terjadi, dan tokoh utama bisa  mati karena tuduhan tersebut; Fahri menikahi Maria yang masih beragama Kristen Koptik; terdapat perlakuan polisi yang tidak senonoh terhadap tahanannya.
Kelebihan dari novel Kasidah-Kasidah Cinta antara lain, novel ini merupakan novel spiritualitas dan penulis berhasil membangun kekuatan alur dan konflik yang mencekam sehingga dapat menghanyutkan perasaan dan hati pembaca; karakter,konflik, dan alurnya benar-benar terjaga, dan penuh kejutan; terdapat banyak hikmah yang dapat dijadikan pelajaran dan inspirasi; penggambaran latar yang begitu hidup, seakan pembaca berada pada
Setting yang digunakan; banyak hikmah yang dapat dipetik dari novel ini, terutama mengenai
interaksi dengan sesama manusia, muhrim dan bukan muhrim. Kekurangan dari novel
Kasidah-kasidah Cinta antara lain pengarang menggunakan Jawa Tengah sebagai  latar cerita, tetapi unsur budaya Jawa tidak terlalu ditonjolkan dalam novel ini; permasalahan memuncak ketika Nugroho dan Sriwiji ditemukan sedang berdua di Puncak Kendeng, tetapi peperangan terjadi lebih dikarenakan dendam dan tidak mengungkit kesalahan Nugroho dan Sriwiji sehingga tidak ada keterkaitan antara peningkatan konflik dengan klimaks; Nugroho dan Sriwiji yang ditemukan sedang berdua di Puncak Kendeng memang tidak sedang berkhalwat, tetapi mereka saling mencintai. Hal itulah yang dapat menjadi godaan untuk berkhalwat bagi mereka berdua; dan yang terakhir, merupakan tetua di dukuh mereka masing-masing, tetapi pada akhir cerita seakan mereka tidak berkuasa dan tidak dapat mengendalikan warganya.
Nilai Pendidikan Nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Ayat-Ayat Cinta dan  Kasidah-Kasidah Cinta meliputi nilai pendidikan religi, nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial budaya, dan nilai pendidikan estetik. Nilai pendidikan religi  yang terdapat dalam kedua novel ini, antara lain adalah laki-laki dan perempuan  dilarang berdua tanpa adanya muhrim, seorang hamba harus bertawakal kepada  Tuhan. Nilai pendidikan moral dari kedua novel ini, antara lain adalah janganlah suka menghasut orang lain dan menghormati, serta menghargai perempuan. Nilai pendidikan sosial budaya dari kedua novel ini, antara lain adalah sikap saling menghormati antarmanusia dijunjung tinggi, dan keharusan menjaga kerukunan.  Nilai pendidikan estetik dari kedua novel ini adalah terdapatnya keindahan fisik
merupakan keindahan yang dapat dirasakan oleh pancaindra, misalnya kecantikan  yang ditunjukkan pengarang dengan mengungkapkan kecantikan tokoh- tokoh  dalam novel ini, keindahan pemandangan alam yang diungkapkan pengarang  dengan sangat indah. Sedangkan keindahan nonfisik merupakan keindahan yang bersifat abstrak, misalnya percintaan atau romantisme. Nilai-nilai estetis yang terdapat dalam kedua novel meliputi keindahan bahasa, percintaan, dan sajak.

D.  SIMPULAN DAN SARAN
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa terdapat keterjalinan antarunsur intrinsik dalam novel Ayat-Ayat Cinta dan Kasidah-Kasidah Cinta, yang berupa persamaan yang meliputi tema, alur, dan amanat serta perbedaan yang meliputi penokohan, sudut pandang, latar tempat, latar sosial, dan latar waktu. Novel Ayat-Ayat Cinta karya El Shirazy merupakan hipogram dari novel Kasidah-Kasidah Cintakarya Muhyidin. Dengan kata lain, novel Kasidah-Kasidah Cinta merupakan teks transformasi dari novel Ayat-Ayat Cinta.
Kelebihan dari novel Ayat-Ayat Cinta antara lain, novel ini bertemakan jauh dari vulgar, sedangkan kekurangan dari novel Ayat-Ayat Cinta antara lain Noura memfitnah Fahri dengan tuduhan pemerkosaan sangat yang dapat membuat tokoh utama dihukum mati. Kelebihan dari novel Kasidah-Kasidah Cinta antara lain, novel ini penulis berhasil membangun alur dan konflik yang mencekam, sedangkan kekurangan dari novel Kasidah-Kasidah Cinta antara lain peperangan terjadi dikarenakan dendam dan tidak mengungkit kesalahan Nugroho dan Sriwiji. Dengan demikian, novel Ayat-Ayat Cinta karya El Shirazy merupakan hipogram
dari novel Kasidah-Kasidah Cinta karya Muhyidin.
Nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Ayat-ayat Cinta dan Kasidah-kasidah Cinta
meliputi nilai pendidikan religi, nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial budaya, dan nilai pendidikan estetik. Inti dari nilai pendidikan religi yang terdapat dalam kedua novel ini adalah laki-laki dan perempuan dilarang berdua tanpa adanya muhrim. Inti dari nilai pendidikan moral dari kedua novel ini adalah janganlah suka menghasut orang lain. Inti dari nilai pendidikan sosial budaya dari kedua novel ini adalah keharusan menjaga kerukunan. Nilai-nilai estetis yang terdapat dalam kedua novel meliputi keindahan bahasa, percintaan, dan sajak.
Hendaknya hasil penelitian ini dapat menjadi bahan masukan yang bermanfaat bagi siswa, guru, dan peneliti lain. Bagi siswa, penelitian ini diharapkan dapat menjadi pedomandalam menganalisisunsur intrinsik sebuah karya sastra, siswa dapat meneladani berbagai sikap positif dan watak tokoh pada kedua novel yang dapat menginspirasi dalam kehidupan, dan siswa juga dapat mengambil nilai pendidikan yang terkandung di dalam kedua novel, baik nilai pendidikan religi, moral, sosial budaya, dan estetika. Bagi guru, novel
Ayat-ayat Cinta dan Kasidah-kasidah Cinta dapat digunakan sebagai alternatif media  pengajaran sastra di SMA, guru dapat menugasi siswa untuk mengapresiasi unsur-unsur intrinsik dan nilai pendidikan yang terdapat dalam kedua novel sehingga secara tidak langsung dapat melatih siswa untuk meningkatkan keterampilan berbahasa, khususnya membaca.untuk mengambil nilai-nilai positif yang patut  diteladani. Bagi peneliti lain, penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi penelitian berikutnya yang menggunakan pendekatan intertekstual dalam menelaah karya sastra.





DAFTAR PUSTAKA
Karkono. (2009). Perbedaan Makna Novel dan Film Ayat-Ayat Cinta: KajianEkranasi.
Atavisme, 12 (2), 167-180.

Nurgiyantoro, B. (2005). Teori Pengkajian Fiksi.Yogyakarta: Universitas Gajah
Mada Press.

Pradopo, R.J. (1997). Prinsip-prinsip Kritik Sastra. Yogyakarta: Gajah Mada
University Press.
_____. (2003). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik dan Penerapannya.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sangidu. (2004). Penelitian Sastra : Pendekatan, Teori, Metode, Teknik, dan Kiat.
Yogyakarta: Unit Penerbitan Sastra Asia Barat Universitas Gajah Mada.

Sutopo. (2006). Metode Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya dalam
Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Teeuw, A. (1984). Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya.

Waluyo, H.J. (2011). Pengkajian dan Apresiasi Prosa Fiksi.Surakarta: Sebelas
Maret University Press.

Winarni, R. (2009). Kajian Sastra. Salatiga: Widya Sari Press.

No comments:

Post a Comment